Artikel Terbaru

ads here

blogrdotcom : Notifikasi Twitter untuk Merubah Password

advertise here
Notifikasi Twitter untuk Merubah Password. Pengembang Teknologi Twitter telah melayangkan sebuah notifikasi yang membuat terkejut semua penggunanya. Isi dari notifikasi yang sangat penting tersebut menjelaskan, pihak Twitter meminta kepada para user untuk segera merubah sandi atau password penggunanya.

Pernyataan itu telah membuat pelanggan setianya bertanya-tanya ada masalah internal apa lagi ditubuh Twitter..? Kenapa ini bisa terjadi..?

Seperti yang sudah dikutip The Verge pada hari Jum’at (4/5/2018), ternyata pihak perusahaan social media ini telah menemukan celah ( bug ) didalam systemnya.

Kendati demikian, setelah melakukan investigasi, Twitter memastikan tak ada kebocoran atau masalah penyalahgunaan password yang ditimbulkan bug ini. Meski dianggap tak berbahaya, perusahaan tetap menyarankan pengguna mengganti password-nya.

Akhirnya, perusahaan yang berlambang burung ini pun mencuitkan permasalahan yang ada sekarang ini kepada usernya. Mereka memberikan penjelasan bahwa pihaknya telah memastikan tidak adanya kebocoran or problem penyalahgunaan sandi yang diakibatkan bug itu. Walaupun tidak membahayakan, tetapi Twitter juga telah memberikan masukan atau saran kepada penggunanya diseluruh dunia untuk segera merubah sandi atau password akun yang dimiliki masing-masing.

Langkah tindakan ini ditujukan untuk menangkal sesuatu yang tidak diinginkan. Selain itu, di web official resminya, Twitter juga menyarankan kepada pemakai aplikasi dari pihak-pihak tertentu atau ke 3 yang menggunakan sandi serupa untuk segera melaksanakan perubahan kata-kata kunci.

Pengembang juga mengatakan kalau masalah bug ini dikarenakan adanya hashing process yang masih berfungsi memproteksi huruf-huruf kalimat password. So. bug merubah pemprosesan hashing jadi pengacakan string yang berkarakter di system Twitter itu sendiri. Sehingga password yang dipunyai para user  tersave kedalam teks biasa di log internal dan terbuka. Seperti yang sudah diungkapkan diatas, Twitter sendirilah yang menemukan celah ( bug ) dan mendelete semua kata password yang sudah  tersimpan.

Tetapi sejumlah user yang terkena akibat dari bug ini belum diungkapkan oleh Twitter. Kemungkinan besar yang terkena dampak dari bug ini lumayan fantastis, mengingat Twitter telah mengirimkan Notifikasi kepada semua pemakai untuk merubah sandinya.

Kebocoran data yang ada ditubuh perusahaan ini, membuat Twitter siap berhadapan dengan rantai pemblokiran. Karena menurut penilaian di beberapa negara, perusahaan ini sudah sangat berbahaya sekali. Walaupun sebelumnya sempat juga Twitter disebut-sebut mempunyai problem yang sama bersama Facebook mengenai data pengguna.

Bahkan bukan itu saja, ternyata Twitter juga pernah dilaporkan telah menjual akses berisi data pengguna ke Aleksndr Kogan, salah satu akademisi di Cambridge University. Menurut info yang didapat dari berbagai sumber, pria itu disebut juga sebagai otak penyalahgunaan data pengguna Facebook. Karena telah meneruskan informasi mengenai puluhan juta pemakai ke sebuah company konsultan politik yang berasal dari Inggris, Cambridge Analytica.

 

Di bawah ini ada 3 Langkah Mengganti atau Mengamankan Password Akun Twitter Anda Dengan Aman


1.Mengganti Sandi / Password


Jika anda mengakses Twitter melalui :

Desktop
-Kanan atas klik foto profile, lalu pilih Setting and Privacy, selanjutnya pilih Password

Mobile Application
-Kiri atas klik foto profile, lalu pilih Setting and Privacy, selanjutnya pilih Account and click Change Password

*rubahlah sandi yang sangat unik

 

2.Two-Factor Authentification


Aktifkan fitur Two-Factor Authentification untuk melindungi akun Twitter anda.

Desktop
-Klik akun profile, lalu pilih Settings and Privacy. Selanjutnya pilih Account and click Set up login verification.

Mobile Application
-Ada penambahan dengan klik Security disaat memasuki Settings and Privacy. Jika sudah masuk, dibaca dulu instruksinya. Setelah itu click Start, lalu masukkan password dan selanjutnya click Verify.

Terakhir input nomor handphone pengguna dengan mengclick Send Code. Dan kode verifikasi langsung terkirim ke nomor mobile. Untuk mengakhiri klik Submit.

Jadi bila ada tangan-tangan jahil melalui perangkat lain berusaha memasuki akun anda, sains system secara automatis segera sending kode verifikasi ke nomor mobile anda.


3.Aplikasi Pihak keTiga


Anda juga bisa memanfaatkan sebuah teknologi aplikasi lain untuk login securitynya.

Caranya :

-Klik ikon profile, pilih Setting and Privacy. Lalu click tab Account, and then click -Review your login verification methods button- untuk memulainya. Input password and click Confirm.

-Muncul instruksi dan bacalah. Setelah itu click Start, dan Verifikasi password jika diminta.

-Lalu ada kode QR yang harus dipindai menggunakan aplikasi sehingga anda bisa dapatkan login code akun Twitter anda. Dan secara automatis, akan keluar 6 digit kode dari aplikasinya. Ingat, setiap 30 detik kodenya berubah. Dikotak keamanan ( security ), anda harus memasukkan kodenya and klik.

Finish

Tolong berikan KOMENTAR yang berhubungan dengan Artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan yang tidak baik akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh SPAM FILTER.

Terima Kasih atas Kerjasamanya,

blogrdotcom

Click to comment