Artikel Terbaru

ads here

Tips Cara Melindungi dan Mengamankan Smartphone Android dari Ancaman Virus

advertise here
Seperti yang kita ketahui, sekarang ini Android telah menjadi sistem operasi terbesar yang paling banyak digunakan manusia di seluruh dunia. Perusahaan-perusahaan yang memproduksi smartphone pun telah menjadikan Android sebagai operasional sistemnya. Selain free alias gratis, sangat mudah sekali penggunaannya ( user friendly ), menjadikan Android semakin banyak digemari dan semakin bertambah peminatnya. Apalagi banyaknya fitur yang selalu di inovasi dan sistem yang terus diperbarui ( update )  oleh perusahaan besar Google sebagai pengembangnya, membuat Android semakin bertahan di puncak atas.

Semakin berkembang biaknya para pengguna telepon pintar setiap tahun ( khusus yang menggunakan system operasi Android ), semakin dimanfaatkan oleh segelintir tangan-tangan jahil ( programmer ) dengan keahliannya yang terus berusaha melakukan tindak kejahatan media maya ( cyber crime ), dengan berupaya menyebarkan penyakit atau lebih dikenal sebagai Virus.

Upaya menebarkan virus pada perangkat smartphone Android ini melalui celah-celah yang sudah dipelajari para cracker. Dan resiko besarnya adalah dapat mengancam data dan merusak perangkat system Android anda. 

Nah, oleh karena itu disini kami akan berbagi saran atau sedikit Tips Cara Melidungi dan Mengamankan Smartphone Android dari Ancaman Virus.


Hindari Semua Games atau Aplikasi Bajakan

Jika ingin mengunduh ( download ) sebuah aplikasi atau sebuah permainan ( game ), anda harus berhati-hati. Kenapa, karena sekarang ini banyak sekali games-games atau aplikasi-aplikasi yang sudah disusupi script-script yang tidak benar ( merugikan ). Di dunia maya ( internet ) itu sendiri, banyak sekali situs-situs yang menawarkan atau menyediakan beranekaragam aplikasi dan games bajakan. Jika memilih aplikasi atau games yang bajakan, tanpa anda sadari, sebenarnya para cracker-cracker ini telah menyuntikkan sebuah virus kedalam sebuah aplikasi bajakan yang sudah anda unduh. Dan resiko terbesarnya adalah mobile phone anda telah menjadi sarang virus. Maka dari itu, downloadlah di penyedia-penyedia games atau aplikasi yang aman seperti di Google Play Store.


Pembaharuan ( Update )

Rajin-rajinlah untuk selalu melakukan update atau pembaharuan secara berkala. Tujuannya adalah menambah fitur-fitur terbaru dan mencegah adanya bug ( celah ) yang bisa saja terjadi. Unduh dan install ( pasang ) jika ada pembaharuan perangkat anda yang diberikan oleh pengembang Android.


Hindari Terhadap Aplikasi yang Mencurigakan

Pakailah akal sehat anda. Cerdaslah dalam memilih sebuah aplikasi. Gunakanlah aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan anda. Tidak mudah terpancing dengan aplikasi yang mempunyai tampilan yang begitu bagus dan fitur-fitur yang sangat hebat dan canggih. Karena tanpa anda sadari, aplikasi tersebut bisa saja sudah ditanami virus untuk mengambil data-data penting anda. Sehingga nantinnya anda sendiri yang akan mengalami kerugian yang sangat besar dan kekecewaan yang sangat mendalam.


Antivirus Harus Terpasang

Google Play Store sendiri juga sudah menyediakan antivirus yang sudah teruji kualitasnya dan sangat-sangat dipercaya. Seperti Norton, AVG, Kapersky, Avast, Bitdefender, dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan pembuat antivirus yang bisa anda gunakan. Dan jika anda memasang antivirus, setidak-tidaknya bisa menghambat atau mencegah datangnya virus. Sekali lagi tolong di ingat, pilihlah antivirus yang benar-benar terpercaya.


Tetapi itu semua kembali lagi kepada penggunaan gadget yang baik. Walaupun bertitel telepon pintar, anda harus bijak dan juga benar-benar pintar pula dalam pemakaiannya.

Tolong berikan KOMENTAR yang berhubungan dengan Artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan yang tidak baik akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh SPAM FILTER.

Terima Kasih atas Kerjasamanya,

blogrdotcom

Click to comment